@thesis{thesis, author={RAHMAWATI HELI}, title ={Studi Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Group Investigation di Kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/10170/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kurang memadai dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbeda-beda dan guru masih menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model numbered heads together lebih baik dari siswa yang menggunakan model group investigation di kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode desain True Eksperimental dengan tipe desain posttest only control group desain. Sampel yang diteliti sebanyak 56 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas eksperimen I dengan model Numbered Heads Together dan 28 siswa kelas eksperimen II dengan model Group Investigation. Setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Heads Together dan Group Investigation didapat rata-rata nilai hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen I 73,78 dan kelas eksperimen II 70,60 dan berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t didapat bahwa t_hitung>t_tabel dengan t_hitung adalah 4,993670991 dan t_tabel adalah 1,67356 ternyata t_hitung berada di daerah penolakan H_0 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Hedas Together lebih baik dari siswa yang menggunakan model Group Investigation di kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi.} }