@thesis{thesis, author={SAVITRI AULIA DEA}, title ={PENGEMBANGA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MENGGUNAKAN POWERPOINT DAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/10219/}, abstract={ABSTRAK Savitri Aulia, Dea. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) menggunakan Powerpoint dan Macromedia Flash 8 pada Materi Garis dan Sudut di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Univerrsitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Sufri., M.Si., (II) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: RME, Powerpoint, Macromedia Flash Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis realistic mathematic education (RME) menggunakan powerpoint dan macromedia flash 8 pada materi garis dan sudut di kelas VII SMP dan mendeskripsikan kualitas media pembelajaran ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam proses pembelajaran pada materi garis dan sudut di kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kota Jambi pada Februari ? April 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebar angket kepada tim ahli, guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Setelah angket dan tes dikembalikan, data dianalisis secara kualitatitif dengan presentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa produk media pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan telah melalui beberapa kali revisi diantaranya yakni oleh ahli media, ahli materi, dan ahli desain, kemudian dilakukan ujicoba perorangan (guru), ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar. Didapatkan hasil bahwa media pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria kualitas dari media pembelajaran, karena memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase kevalidan 87,13% ini termasuk dengan kualitas sangat valid. Media pembelajaran berbasis RME ini memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu berdasarkan hasil penilaian guru matematika dengan persentase kepraktisan 95,83% dengan kategori sangat praktis, dan hasil penilaian siswa pada uji kelompok kecil dengan persentase kepraktisan 94,03% dengan kategori sangat praktis. Media pembelajaran berbasis RME memenuhi kriteria keefektifan, yaitu berdasarkan presentasi siswa yang tuntas sesuai KKM adalah 88,89% dengan kategori sangat efektif serta berdasarkan lembar observasi kegiatan pembelajaran mendapatkan hasil 86,32% dengan kategori sangat efektif. Menurut Nieveen (1999:126-127), menyatakan bahwa dalam penelitian pengembangan media pembelajaran harus memenuhi kriteria kualitas yaitu valid (validity), praktis (practically), dan efektif (effectiveness). Sehingga, produk media pembelajaran berbasis RME menggunakan Powerpoint dan Macromedia Flash 8 pada materi garis dan sudut ini dapat digunakan karena telah memenuhi kriteria kualitas dari pengembangan suatu media pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disarankan agar selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis RME menggunakan Powerpoint dan Macromedia Flash 8 dengan materi yang lain sehingga penelitian ini dapat menarik siswa untuk lebih mudah memahami konsep pada materi matematika.} }