@thesis{thesis, author={SITOHANG TIURMA}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS VIII SMP N 7 MUARO JAMBI}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/10232/}, abstract={ABSTRAK Sitohang, Tiurma. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sksipsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengertahuan Alam, FKIP Universiats Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Nizlel Huda, M.Kes., (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata kunci: Komunikasi Matematis Siswa, Menyelesaikan Soal Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa rendah dalam menyelesaikan soal matematika. maka penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal matematika. metode penelitian yang digunakan adalah triangulasi metode. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi kelas VIII D. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilakukan soal tes kepada 22 siswa. Calon subjek dikelompokkan menjadi 2 yaitu kelompok 1 adalah kelompok yang menggambarkan 1 pangkal koordinat, dan kelompok 2 adalah kelompok yang menggambarkan 2 pangkal koordinat, dari masing-masing kelompok diambil dua siswa yang dijadikan subjek peneliti. Data diperoleh dari lembar tugas siswa yang dikerjakan dengan think aloud dan lembar wawancara. Hasil penelitian tentang kemampuan komunikasi matematis menunjukan subjek S1 memenuhi 3 indikator. Subjek S2 memenuhi indikator pertama, pada indikator kedua subjek S2 mampu menyelesaikan, mengungkapkan, namun dalam memahami konsep masih keliru dan masih terburu-buru dalam penulisan. Dalam wawancara mengatakan ada dalam pengecekan namun masih salah dalam menuliskan hasil jawaban. Pada indikator ketiga subjek S2 kurang mampu dalam mengenal simbol namun mampu menggunakan simbol dengan baik dan benar. Hasil penelitian tentang kemampuan komunikasi matematis menunjukan subjek S3 memenuhi indikator pertama, pada indikator kedua subjek S3 mampu menyelesaikan, mengungkapkan, namun dalam memahami konsep masih keliru, tidak yakin dalam jawabannya sendiri, pada indikator ketiga S3 mampu dalam mengenal simbol namun kurang dalam menuliskan simbol dengan baik dan benar. Subjek S4 memenuhi 2 indikator, pada indikator ketiga subjek S4 mampu dalam mengenal simbol namun kurang dalam menuliskan simbol dengan baik dan benar.} }