@thesis{thesis, author={khotimah khosnul}, title ={Analisis Kompetensi Guru Biologi dalam menyusun tes pada Aspek Kognitif dan Psikomotorik pada Kurikulum 2013 edisi revisi di SMA Kota Jambi}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/10428/}, abstract={Pencapaian belajar dapat dievaluasi dengan melakukan pengukuran, pengukuran yang dimaksud ialah instrumen tes ataupun lembar penilaian kinerja pada aspek kognitif dan psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kompetensi guru biologi dalam menyusun tes pada aspek kognitif dan psikomotorik pada kurikulum 2013 edisi revisi di SMA kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert dengan rumus persentase. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang karakteristik tes yang dibuat oleh guru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sampel lima guru biologi kelas XI SMA di kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keadaan kompetensi guru dalam menyusun tes biologi SMA pada aspek kognitif pada kurikulum 2013 edisi revisi khususnya pada guru A dan guru E secara keseluruhan berada dalam kategori baik. Selanjutnya untuk kompetensi guru dalam aspek psikomotorik masih belum maksimal karena bentuk kemampuan psikomotik guru baru dilakukan dengan kegiatan praktikum dan belum memiliki instrumen tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kompetensi guru A dan E khususnya dalam aspek kognitif dan psikomotorik secara keseluruhan adalah baik, karena dalam menyusun instrumen soal tes rata-rata soal tes yang disusun berada dalam kategori cukup dan baik sehingga soal tes nyatakan layak.} }