@thesis{thesis, author={Destriani Riky}, title ={Pengembangan E-book dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berbasis Pembelajaran Abad 21 di Kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/10473/}, abstract={ABSTRAK Destriani, Riky Nelvia. 2019. Pengembangan E-Book dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di Kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Hj. Irma Suryani, M.Pd., (II) Dra. Rasdawita, M.M. Kata Kunci: E-book pembelajaran, pembelajaran abad 21, teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan menguraikan proses pengembangan, kepraktisan, dan keefektivan bahan ajar e-book pembelajaran menulis teks ekposisi. E-book merupakan bahan ajar elektronik yang berisi materi lengkap teks eksposisi dengan hasil akhir siswa terampil menulis teks eksposisi. E-book ini dibuat berdasarkan analisis kebutuhan siswa mengenai kebutuhan bahan ajar yang lebih lengkap. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Perolehan data dianalisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif lalu diolah menggunakan interval nilai skala likert dan rumus N-Gain. Subjek penelitian yaitu 5 siswa uji coba perorangan dan 30 siswa uji coba lapangan. Siswa tersebut berasal dari kelas X IPS 2 dan 3 di SMAN 11 Kota Jambi. Instrumen penelitian berupa observasi, lembar angket, dan wawancara. Data kualitatif berupa deskripsi proses pengembangan e-book pembelajaran menulis teks eksposisi. Data kuantitatif berupa hasil penilaian bahan ajar e-book yang berasal dari hasil validasi ahli bahan ajar, validasi ahli materi, respon praktisi dan respon siswa. Berdasarkan hasil validasi dari ahli bahan ajar diperoleh nilai rata-rata 68,88 pada tahap validasi pertama yang tergolong sedang, Selanjutnya, diperoleh nilai rata-rata 80,00 dari tahap validasi akhir yang tergolong tinggi. Hasil validasi dari ahli materi pada tahap validasi pertama memperoleh nilai rata-rata 67,42 dengan kategori sedang dan tahap validasi akhir memperoleh nilai rata-rata 80,17 dengan kategori tinggi. Hasil perolehan nilai rata-rata dari praktisi adalah 87,09 dengan kategori tinggi. Produk yang diimplementasikan melalui uji coba perorangan memperoleh nilai rata-rata 94,27 dengan kategori sangat tinggi. Kepraktisan produk pengembangan ditunjukkan dengan dilakukannya uji coba lapangan berupa respon siswa yang memperoleh nilai rata-rata 88,96 yang tergolong tinggi. Keefektivan produk e-book ditunjukkan dengan hasil pretest dan post test siswa yang memperoleh nilai rata-rata 0,67 pada N-Gain aspek kognitif yang tergolong sedang dan 0,72 pada N-Gain aspek psikomotor yang tergolong tinggi.} }