@thesis{thesis, author={AHMAD FADILLAH}, title ={PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DENGAN MENGGUNAKAN PROYEK MAINAN KETAPEL}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/10484/}, abstract={1 ABSTRAK Ahmad, Fadillah. 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Pendekatan STEM Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Dengan Menggunakan Proyek Mainan Ketapel : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Drs. Menza Hendri, M.Pd, (ii) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M,Pd. Kata Kunci : Pengembangan,Instrumen Keterampilan Proses Sains Siswa, Pembelajaran STEM, Proyek Mainan Ketapel, Materi Elastisitas. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kebutuhan instrumen penilaian keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran STEM. Sedangkan di SMA Negeri 11 Kota Jambi sudah menggunakan pembelajaran STEM namun belum ada pembelajaran STEM menggunakan proyek mainan ketapel dan memerlukan instrumen penilian. Penelitian ini bertujuan untuk memngetahui bagaimana produk instrumen penilaian keterampilan proses sains dengan pendekatan STEM pada materi elastisita dan hukum hooke dengan menggunakan proyek mainan ketapel Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan,menggunakan pengembangan 4D. Model 4D yang dikembangkan oleh thiagarajan dimodifikasi menjadi 3D. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Subjek uji coba kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 32 yang dibagi menjadi 8 kelompok. Data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dan validasi ahli, data kuantitatif di dapat dari uji coba produk. Teknik analisis data kualitatif menggunakan konsep Miles and Huberman (1984) dan analisis data kuantitatif menggunakan metode statistik dengan microsoft excel 2010 dan secara manual. Hasil penelitian instrumen penilaian keterampilan proses sains siswa yang dikembangkan dinyatakan valid, karena memiliki nilai rata-rata validitas setiap materi adalah 0,154 - 0,824. Selain itu instrumen penilain ini termasuk kategori sangat tinggi karena memiliki nilai reabilitas 0,86 ? 0,93. Instrumen ini memiliki rata-rata nilai daya pembeda setiap mater 0,37 ? 1,00 termasuk kategori rendah hingga sangat tinggi, dan tingkat kesukaran 0 - 0,93 termasuk kategori sangat rendah hingga sangat tinggi Berdasarkan hasil analisis data maka instrumen penilaian keterampilan proses sains siswa layak digunakan.} }