@thesis{thesis, author={NAINGGOLAN JELITA}, title ={Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/10489/}, abstract={ABSTRAK Nainggolan, Jelita. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VIII: Skripsi, Jurusan Pendikan matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd., (II) Drs. Husni Sabil, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 2 Tungkal Ulu masih rendah yang ditunjukkan pada saat peneliti melakukan observasi dan memberikan tes yang berbentuk uraian. Siswa malas membaca soal dan menuliskan tahap?tahap pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian. Model pembelajaran yang diterapkan pada saat proses KBM hanya menerapkan model pembelajaran langsung yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII C dan kelas VIII D SMP Negeri 2 Tungkal Ulu. Penentuan Sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling yang memilih dua kelas sampel sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal post-test kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk melihat keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan kooperatif tipe CIRC. Uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak, dari hasil pengolahan data diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 3.7167 > 2.00 sehingga H_0 ditolak H_1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksprimen dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol. Dengan rata?rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksprimen 73.4667 lebih baik daripada rata?rata kelas kontrol yaitu 55.6667. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tungkal Ulu.} }