@thesis{thesis, author={Putri Septiona Anggela}, title ={Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Kearifan Lokal Berbasis Video pada Materi Hukum Newton Kelas X IPA 1 SMAN 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/10509/}, abstract={ABSTRAK Putri, Septiona Anggela. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Kearifan Lokal Berbasis Video pada Materi Hukum Newton Kelas X IPA 1 SMAN 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2019/2020: Skripsi jurusan matematika dan ilmu pengetahuan alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs, M. Hidayat, M.Pd., (2) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Komunikasi siswa, inkuiri terbimbing, kearifal lokal Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa SMAN 11 Muaro Jambi di kelas X IPA 1 dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu kearifan lokal berbasis video. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan pada materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, Pada siklus I hasil yang diperoleh belum mencapai kategori dikarenakan kemampuan komunikasi siswa belum optimal. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa adalah 65,33 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 52,38% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori cukup baik. Pada siklus II telah terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa, nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa menjadi 72,14 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 71,43% dari keseluruhan siswa dengan kategori cukup baik. Pada siklus III terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa dengan nilai rata-rata menjadi 83,33 dengan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan komunikasi yaitu 85,71% dari keseluruhan siswa dan berada pada kategori baik.} }