@thesis{thesis, author={Sari Daulae Siti Mawan}, title ={Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Menulis Iklan Baris Siswa Kelas 8 C SMPN 7 Muaro Jambi}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/10564/}, abstract={ABSTRAK Sari, Siti Mawan. 2020. Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Menulis Iklan Baris Siswa Kelas 8 C SMPN 7 Muaro Jambi 2019/2020: Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Imam Suwardi W, M. Pd., (II) Drs. Agus Setyonegoro, M. Pd. Kata kunci : Penerapan Model PBL, Menulis Iklan Baris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks iklan baris siswa kelas 8C SMPN 7 Muaro Jambi tahun 2019/2020 dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) sehingga diketahui apakah model PBL ini cocok atau tidak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran menulis iklan baris siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Muaro Jambi pada November 2019. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilanjutkan dengan dilakukannya tes yaitu berupa Pre-Test dan Post-Test dari penerapan model Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil penelitian yaitu kemampuan siswa kelas 8C SMPN 7 Muaro Jambi dalam menulis iklan baris bekategori sangat baik dengan rata-rata nilai kelompok 84,15 yaitu 8 orang atau 27,59% siswa yang memiliki nilai dengan kategori sangat baik dan 21 orang siswa atau 72,41% memiliki nilai dengan kategori baik hal ini menunjukkan bahwa nilai siswa mengalami kenaikan setelah penerapan model PBL. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan model PBL di kelas khususnya dalam kompetisi menulis teks iklan baris, karena model PBL bisa membuat siswa lebih aktif dalam belajar berorganisasi dikelas dan sharing serta model PBL ini mudah dilaksanakan oleh guru.} }