@thesis{thesis, author={Rini Okta}, title ={Efektifitas Penggunaan Multimedia Berbasis Modelling Mathematics Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada kelas VIII SMPN Negeri 14 Kota Jambi}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/10602/}, abstract={Kemampuan Literasi Matematika siswa merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi, diketahui bahwa kemampuan literasi matematika siswa masih rendah. Kurangnya media yang menunjang pembelajaran, siswa masih kesulitan dalam memahami dan mengerjakan suatu permasalahan matematika non rutin dan saat terlibat dalam proses pembelajaran siswa cenderung senang untuk berdiskusi dengan siswa lainnya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan kemampuan literasi matematika siswa masih rendah. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan multimedia berbasis modelling mathematics. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kemampuan literasi matematika siswa menggunakan multimedia berbasis modelling mathematics di kelas VII SMPN 14 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi yang berjumlah 281 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII G terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat kemampuan literasi matematika siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan dengan uji-t. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil tes kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen I sebesar 78,28125 sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 68,59375. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan multimedia berbasis modelling mathematics lebih efektif dari pada kemampuan literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media presentasi.} }