@thesis{thesis, author={Sari ayuning dewi dita}, title ={PENGEMBANGAN MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII D SMPN 22 KOTA JAMBI}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/10611/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan multimedia yang dialami oleh siswa kelas VII D SMPN 22 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2020/ 2021 dalam menulis teks narasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 22 Kota Jambi pada November 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket dan melakukan tes ke siswa. Angket disebarkan untuk melihat bagaimana respon siswa ketika melihat video animasi pembelajaran yang telah dibuat peneliti. Sedangkan tes dilakukan untuk melihat seberapa besar tingkat keberhasilan setelah diterapkannya video animasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian angket oleh validator media, validator materi, penilaian angket respon guru bahasa Indonesia dan penilaian angket siswa dari Post Test dan Pre Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menulis narasi atau menulis paragraf lainnya apalagi untuk memilih diksi yang benar dan menyusun sebuah kalimat menjadi kalimat efektif. Terkadang siswa bingung untuk menuangkan ide- ide tersebut menjadi sebuah cerita yang baik. Hal ini terlihat dari respon angket yang diberikan oleh peneliti yang mengatakan menulis sebuah kalimat memang lebih sulit. Dari jumlah 30 orang siswa yang memilih menggunakan media video animasi berbaasis kartun sebanyak 60% sisanya memilih menggunakan metode ceramah. Selain itu dilakukannya Pre Test untuk melihat hasil belajar siswa tanpa menggunakan video animasi pembelajaran dari 30 jumlah siswa yang memenuhi kriteria diatas KKM hanya satu siswa. setelah dilakukannya Pre Test maka dilakukan Post Test dengan menggunakan video animasi pembelajaran berbasis Powtoon didaptlah nilai siswa yang memenuhi KKM berjumlah 25 orang siswa. Dari hasil penelitian video animasi pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran ini memenuhi kriteria keefektifan dilihat dari persentase siswa yang memenuhi KKM 80% sebanyak 83,33%. Kemudian adanya respon positif dari siswa setelah melihat video animasi pembelajaran dengan kategori ?sangat baik?.} }