@thesis{thesis, author={NASUTION NUR ANISAH KHAIRANI}, title ={Desain Bahan Ajar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP pada Materi Usaha dan Energi}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/10785/}, abstract={Pemahaman konsep adalah hal yang penting dalam proses pembelajaran IPA. IPA merupakan mata pelajaran yang identik dengan konsep-konsep, sehingga siswa harus mampu memiliki pemahaman konsep yang baik. Berdasarkan analisis kebutuhan bahan ajar diperoleh bahwa bahan ajar yang tersedia dan digunakan belum berorientasikan konsep, dimana penjelasan materi masih ringkas dan belum merujuk pada konsep, rumus-rumus tanpa disertai penjelasan konsep, percobaan dan soal belum mengarah terhadap konsep materi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengatasi kebutuhan bahan ajar dengan mengembangkan bahan ajar IPA yang tentunya berorientasikan terhadap konsep (conceptual understanding). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa bahan ajar IPA materi usaha dan energi berorientasi conceptual understanding dan persepsi siswa serta guru terhadap bahan ajar. Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan (R dan D) dengan model ADDIE, yang hanya dibatasi pada tahap pengembangan (development). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di SMPN 22 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi dan angket persepsi guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar IPA materi usaha dan energi berorientasi conceptual understanding telah layak dinyatakan oleh validator. Hasil validasi tim ahli terhadap materi adalah 83,51% dengan kategori ?Baik?, ahli media adalah 85,20% dengan kategori ?Sangat Baik?. Hasil analisis data persepsi guru diperoleh persentase sebesar 96,91% dengan kategori ?Sangat Baik? dan persepsi siswa diperoleh persentase sebesar 85,39% dengan kategori ?Sangat Baik?. Hal ini menunjukkan bahan ajar IPA materi Usaha dan Energi Berorientasi conceptual understanding ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan yang dapat memberikan pemahaman konsep yang tepat pada siswa.} }