@thesis{thesis, author={ANDIMI TRI PILO}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/10793/}, abstract={ABSTRAK Andimi Tri Pilo. 2019. ?Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 8 Kota Jambi?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M. E, Pembimbing II Drs. H. Arpizal, M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Hasil pengamatan di kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi masih banyak siswa yang belum mampu berfikir kritis, siswa hanya mampu belajar yang terpaku pada buku bacaan, bahan belajar saja, tanpa mampu mengembangkan pembelajaran dengan caranya sendiri, dari permasalahan tersebut maka pada penelitian ini perlu pemberian model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif untuk mendapatkan informasi, mengurangi ketergantungan kepada guru, melatih siswa untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan sumber informasi selain guru, sehingga siswa akan termotivasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif, Dalam penelitian ini akan di gunakan Nonequivalen control group design. Sehubungan dengan penelitian ini, akan diungkap mengenai untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, pada taraf signifikan ? = 0,05, dapat dilihat bahwa Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu 0,0843 < 0,1437 untuk kelas eksperimen dan 0,0694 < 0,1437 untuk kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal. Dengan n1 = 38, n2 = 38, S 2 = 174,21 dan S22 = 99,19 diperoleh Fhitung = 1,76. Selanjutnya dengan dk pembilang (V1) = 38 dan dk penyebut (V2) = 38 diperoleh Ftabel = 3,32. bahwa thitung > ttabel yaitu 3.669039 > 1,6657 . T tabel didapat dari n1+n2 -2 = 74 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,6657 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 8 Kota Jambi.} }