@thesis{thesis, author={Yoandina Asrinanda}, title ={Implementasi Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering And Math) Dengan Menggunakan Proyek Ketapel Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/10922/}, abstract={Yoandina, Asrinanda. 2020. Implementasi Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering And Math) Dengan Menggunakan Proyek Ketapel Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd, (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran STEM, Proyek Mainan Ketapel, Elastisitas dan Hukum Hooke Pembelajaran fisika saat ini lebih sering menggunakan pembelajaran teacher centered padahal sebaiknya pembelajaran yang efektif adalah menggunakan pembelajaran student centered. Maka dibutuhkan perbaikan, salah satu yang dapat digunakan yaitu mengadpsi pendekatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang dinilai efektif untuk digunakan yaitu pendekatan STEM. Pendekatan STEM adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan empat cabang ilmu sekaligus yaitu sains,teknologi, teknik dan matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering And Math) dengan menggunakan proyek ketapel pada materi elastisitas dan hukum hooke. Pengambilan subjek secara purposive sampling pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen the non-equalivalent pretest-postest control group design dengan desain penelitian quasi-experiment design. Pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa tes yang terdiri dari pre-tes dan post-test. Data diolah menggunkan uji statistik dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan uji normalitas lilifors diperoleh data L0 kelas eksperimen pre-test 0,148 dan post-test 0,048 dengan Ltabel 0,156. Uji normalitas dapat di kategorikan normal apabila nilai L0 < Ltabel. Sehinga nilai uji normalitas pada kelas eskperimen dapat dikategorikan normal.kemudian data L0 kelas kontrol pre-test 0,155 dan post-test 0,09 dengan Ltabel 0,151. Sehingga nilai uji normalitas pada kelas eksperimen pada data pre-test dikategorikan normal sedangkan pada data post-test dikategorikan tidak normal karna nilai L0 > Ltabel. Hasil uji Homogenitas dengan menggunakan uji F dikategorikan homogen apabila Fhitung < Ftabel. Nilai Fhitung data pre-test pada kelas eksperimen dan kontrol 1,014 dengan Ftabel 1,84. Kemudian untuk Fhitung data Post-test kelas eksperimen dan kontrol 1,016 dengan Ftabel 1,84. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data homogen karna Fhitung < Ftabel. Kemudian hasil uji hipotesis menggunakan uji t, hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,987 >1,65 dengan kesimpulan H0 di tolak dan Ha diterima sehingga pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Math) dengan menggunakan proyek mainan ketapel lebih baik dari pembelajaran konvensional pada materi Elastisitas dan Hukum Hook. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 72,09 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 68,11. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sehinnga pemahaman kosep pada materi elastisitas dan hukum hooke lebih baik menggunakan STEM (Science, Technology, Engineering And Math) dengan menggunakan proyek mainan ketapel.} }