@thesis{thesis, author={PRATAMA KURNIA}, title ={DAMPAK LAYANAN KONSELING INDIVIDU TERHADAP PRILAKU BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/11003/}, abstract={ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 9 Maret 2016 yang terjadi di SMP Negeri 8 Kota Jambi bahwa kemauan siswa untuk aktif dalam melaksanakan konseling individu dengan guru yang ada di SMP Negeri 8 Kota Jambi masih kurang, prilaku siswa dalam proses belajar mengajar masih rendah siswa kurang semangat dalam belajar dan kurang sopan dalam berbicara baik dengan guru atau dengan temannya, sehingga perilaku siswa sangat kurang dalam proses belajar mengajar. Padahal prilaku belajar siswa sangat berperan dalam prestasi belajar, hal ini tidak sepenuhnya bergantung kepada orangtua semata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak layanan konseling individual terhadap prilaku belajar siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi. Metode penelitian ini expost facto. Expost facto adalah penelitian yang mengukur tentang akinbat suatu perlakuan yang tidak dilakukan oleh peneliti, tetapi telah ada sedemikian rupa yang mungkin dilakukan oleh pihak lain. penelitian ini menggunakan angket yang diisi oleh responden di SMP Negeri 8 Kota Jambi. sampel berjumlah 72 siswa yang di ambil secara total sampelling, atau seluruh populasi siswa yang mendapatkan konseling individu di jadikan sampel. Dari hasil perhitungan dari uji normalitas dilihat bahwa Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu 0,1433 < 0,1476 untuk variabel X dan 0,1265 < 0,1476 untuk variabel Y. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal. Dari uji homogenitas variansi adalah uji F. Dengan n1 = 36, n2 = 36, S12 = 3.37 dan S22 = 5.39 diperoleh Fhitung = 1.59. Selanjutnya dengan dk pembilang (V1) = 36 dan dk penyebut (V2) = 36 diperoleh Ftabel = 3,32, diperoleh dapat dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 1.7702 > 1,6839 . t tabel didapat dari n1+n2 -2 = 70 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 1,6669 Data tersebut menunjukan dampak yang signifikan layanan konseling individu terhadap perilaku belajar siswa di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Data tersebut menunjukan dampak yang signifikan layanan konseling individu terhadap perilaku belajar siswa di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak yang signifikan layanan konseling individu terhadap perilaku belajar siswa di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Saran dalam penelitian ini bagi guru, hendaknya guru dapat berkolaborasi dengan guru bimbingan dan konseling dalam pemberian informasi mengenai anak-anak yang perlu di tindak lanjuti untuk di berikan pelayanan konseling individual sehingga dapat memperbaiki prilaku belajar anak di kelas, bagi siswa, siswa hendaknya mulai mempelajari pentingnya prilaku belajar yang baik, dimana hal tersebut dapat membentunya dalam proses belajar dan pencapaian hasil belajar yang baik pula.} }