@thesis{thesis, author={Lagrima Wijaya Aicha}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR AND SHARE DALAM MENYIMPULKAN ISI IKLAN YANG DIBACA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 8 KOTA JAMBI}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/11215/}, abstract={Kata kunci: penerapan, think pair and share, menyimpulkan, iklan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran think, pair and share dalam menyimpulkan isi iklan yang dibaca pada siswa kelas VIII SMPN 8 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui cara observasi atau pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran dan wawancara bersama guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif, yaitu data disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan pada langkah membuat kelompok secara berpasangan, peneliti yang bertindak sebagai guru telah mampu membuat kelompok dan mengatasi kesulitan yang terjadi seperti siswa yang sulit dikelompokkan berdasarkan pengamatan guru. Pada langkah think siswa diminta untuk memperhatikan materi yang dijelaskan guru telah berlangsung dengan baik. Sebagian besar siswa memperhatikan dengan seksama serta siswa mampu mengajukan pertanyaan terkait materi pembelajaran. Pada tahap pair siswa bersama pasangannya berdiskusi dalam menyimpulkan isi iklan berlangsung cukup baik. Masih terdapat beberapa siswa yang mengganggu diskusi kelompok lain namun guru dapat mengatasi dengan berkeliling memeriksa pekerjaan siswa. Pada tahap share siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya, siswa secara aktif ikut dalam proses pembelajaraan, memberikan komentar dan tanggapan. Selanjutnya guru dan siswa membuat kesimpulan bersama, dan ditutup dengan penyampaian secara singkat materi selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran TPS diterapkan melalui lima langkah yaitu kegiatan pendahuluan, tahap pair (berpasangan dengan teman sebangku), tahap think (berpikir secara individual), tahap share (berbagi jawaban dengan kelompok lain atau seluruh kelas), dan tahap penghargaan, memperoleh hasil nilai kemampuan menyimpulkan isi iklan yang dibaca siswa pada kategori sangat mampu. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran TPS pada pembelajaran menyimpulkan isi iklan yang dibaca.} }