@thesis{thesis, author={MAS NINGRUM DESSYA}, title ={MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM DISKUSI KELOMPOK MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/11407/}, abstract={ABSTRAK Ningrum, Dessya Mas. 2019. Meningkatkan Ketrampilan Pengambilan Keputusan dalam Diskusi Kelompok Melalui Metode Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.S.i (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci: meningkatkan, keterampilan pengambilan keputusa, metode tutor sebaya Pengambilan keputusan merupakan peristiwa yang sering dialami dalam kehidupan manusia. Pengambilan keputusan menjadi konsekuensi yang logis dalam kehidupan manusia yang selalu berubah dan mengalami peningkatan. Proses pengambilan keputusan merupakan salah satu bentuk respon manusia terhadap lingkungan. Keputusan yang diambil oleh manusia akan menjadi awal bagi penentuan kehidupan selanjutnya. Demikian seterusnya terjalin hubungan antara proses pengambilan keputusan dengan kehidupan manusia. Pada penelitian ini digunakan metode pembelajaran tutor sebaya yang mampu meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini yaitu : untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dalam diskusi kelompok melalui metode tutor sebaya pada kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan secara kolaborasi anatar guru dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh lembar observasi. Hasil penelitian tindakan menggunakan metode tutor sebaya menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pengambilan keputusan pada peserta didik. Pada kondisi awal nilai ketuntasan kelas 42%, pada siklus I naik menjadi 62% dan siklus II menjadi 79%. Pada siklus II diketahui bahwa dari 20 orang peserta didik, 15 orang peserta didik (75%) yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dalam diskusi kelompok pada mata pelajaran IPA kelas VB SD Negeri 40/I Bajubang Laut dengan bimbingan dan pengarahan dari guru. Dengan demikian disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan metode tutor sebaya sebagai metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan pada peserta didik.} }