@thesis{thesis, author={Zubaedah Z}, title ={STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN LITERAL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/11665/}, abstract={Zubaedah. 2020. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag., Kata kunci: Strategi Guru, Membaca Pemahaman Literal Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diimplementasikan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada peserta didik kelas IV F SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas IV F. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung, wawancara terhadap guru wali kelas IV F, serta dokumen kegiatan pembelajaran, RPP, dan teks bacaan pada buku siswa. Setelah data terkumpul, data dicek menggunakan triangulasi teknik dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diimplementasikan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman literal pada peserta didik kelas IV F SD Negeri 47/IV Kota Jambi, adalah strategi ReQAR, dengan dengan langkah yang digunakan guru dalam pembelajaran sebagai berikut: 1) guru mengawali dengan mengkondisikan peserta didik terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai; 2) guru meminta peserta didik untuk membaca dalam hati teks bacaan tersebut; 3) guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik; 4) guru meminta peserta didik bertanya; 5) guru dan peserta didik melakukan tanya jawab mengenai teks bacaan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah: 1) Dengan penggunaan strategi ReQAR, guru dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami isi bacaan. Hal tersebut terbukti saat mereka mengerjakan tugas pada buku siswa yang berkaitan pada teks bacaan tersebut; 2) Strategi yang digunakan guru sudah mampu meningkatkan kemampuan mambaca pemahaman literal. Dengan penggunaan strategi tersebut, peserta didik dapat mampu membiasakan diri sejak duduk di Sekolah Dasar untuk memahami isi pada setiap kegiatan membaca.} }