@thesis{thesis, author={Meidiawati Rizka}, title ={PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ETNOKONSTRUKTIVISIME MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TOPIK PANTUN DI KELAS V SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/11716/}, abstract={Meidiawati. Rizka. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Etnokontruktivisme Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Topik Pantun di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (II) Agung Rimba Kurniawan, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : Modul Elektronik, Etnokonstruktivisme, Pantun, Kvisoft flipbook Maker. Kearifan lokal memuat nilai-nilai luhur yang dapat membentuk karakter peserta didik, sehingga kearifan lokal perlu diperkenalkan dan dilestarikan. Salah satu kearifan lokal yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran yaitu Pantun. Pantun memiliki nilai-nilai luhur yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran bahasa Indonesia, sehingga sangat diperlukan bahan ajar modul elektronik berbasis etnokonstruktivisme menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker pada pembelajaran Bahasa Indonesia topik Pantun. Seiring dengan perkembangan TIK, maka bahan ajar dikembangkan dalam bentuk modul elektronik yang layak dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 112/I Perumnas pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VB Sekolah Dasar Negeri 112/I Perumnas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan modul elektronik berbasis budaya lokal yang diperoleh dari respon guru kelas VB dengan jumlah skor 48 dan guru kelas VA dengan jumlah skor 47 dari 10 pernyataan. Sedangkan tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket respon peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 89%. Tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket persepsi peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 91%. Sedangkan tingkat kepraktisan modul elektronik yang didapatkan dari angket minat peserta didik termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase 87%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Etnokontruktivisme Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Topik Pantun di Kelas V Sekolah Dasar praktis dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan agar guru dapat mengembangkan modul elektronik pembelajaran bahasa indonesia berbasis etnokonstruktivisme pada materi pembelajaran yang lain.} }