@thesis{thesis, author={Jannah Nadiatul}, title ={IDENTIFIKASI KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA SEMESTER VII PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JAMBI TAHUN AKADEMIK 2019/2020}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/11782/}, abstract={Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi pedagogik mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi Tahun Akademik 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan fisika pada mahasiwa semester VII. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa semester VII sebagai data utama dan wawancara sebagai data pendukung. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi pedagogik mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi tahun akademik 2019/2020 tergolong baik. Untuk kompetensi pedagogik yang mencakup sepuluh indikator yaitu memahami karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual dengan persentase 63%, menguasai teori-teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dengan persentase 55%, mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu dengan persentase 59%, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dengan persentase 56%, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dengan persentase 58%, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan persentase 65%, berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan persentase 43%, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dengan persentase 55%, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran dengan persentase 52% dan melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dengan persentase 59%. Hal ini menandakan bahwa mahasiwa Program Studi Pendidikan Fisika semester VII Universitas Jambi mampu dalam menerapkan pengetahuan kompetensi pedagogik, mampu memahami bagaimana pemahaman terhadap peserta didik, memahami perancangan pembelajaran, mampu dalam pengelolaan kelas memahami ketepatan alat evaluasi serta mampu melaksanakan evaluasi sehingga didapat hasil evaluasi yang digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar.} }