@thesis{thesis, author={Anggreani Dwi}, title ={Pengaruh Permainan Temukan Lalu Ceritakan Terhadap Kemampuan Mengugkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Islam Al-Falah Kota Jambi}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/11818/}, abstract={ABSTRAK Anggreani, Dwi. 2020. Pengaruh Permainan Temukan Lalu Ceritaka Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Al- Falah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I. (II) Dr. Dra Hj. Irma Suryani, M.Pd Kata kunci : Permainan Temukan Lalu Ceritakan, Kemampuan Mengungkapkan Bahasa, Anak Usia 5-6 tahun Hasil pengamatan yang didapatkan penulis di kelas B5 TK Islam Al-Falah Kota Jambi pada anak usia 5-6 tahun di kelas B5 dari 16 orang anak ada 7 anak yang belum berkembang secara optimal kemampuan mengungkapkan bahasanya. Adapun permasalahan yang belum optimal yaitu, anak belum mampu menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan guru dengan lebih komplek, belum mampu menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh permainan temukan lalu ceritakan terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Falah, Kota Jambi. Melalui permainan ini anak akan tertarik dan mampu mengeluarkan pendapat mereka di depan teman-teman dan guru serta menerima pendapat teman dan mampu berdiskusi dengan teman dan guru, sehingga pembendaharaan kata anak dapat bertambah. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu metode penelitian kuantitatif desain pre-eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Dalam metode ini penulis melakukan dua kali tes kepada anak kelas B5 yaitu tes sebelum diberi tindakan (pretest) dan tes setelah diberi tindakan (posttest). Penulis mengambil sampel dari keseluruhan anak yang ada di kelas B5 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi yang berjumlah 16 orang anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pretest menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, kemudian peneliti memberikan perlakuan, dan memberikan posttest kembali untuk melihat pengaruh penggunaan permainan temukan lalu ceritakan terhadap kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Setelah semua data didapatkan, data dianalisis dengan menggunakan rumus N- gain dan untuk hipotesi dengan Uji Wolcoxon Match Pairs Test. Hasil dari besar efektivitas permainan temukan lalu ceritakan menggunakan rumus N-gain menunjukkan pasa kategori sedang (0,3 Ztabel).} }