@thesis{thesis, author={Zahara Dini Prisilia}, title ={ANALISIS KENDALA GURU KELAS V DALAM PENILAIAN SIKAP SISWA SEKOLAH DASAR}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/11942/}, abstract={Zahara, Dini Prisilia. 2020. Analisis Kendala Guru Kelas V Dalam Penilaian Sikap Siswa Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) . Drs. Maryono, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I.,M.Ag., Kata kunci: analisis, kendala, penilaian sikap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi guru kelas V SDN No.55/I Sridadi Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam melakukan penilaian sikap. Penelitian ini dilakukan di SDN No.55/I Sridadi pada Februari 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada guru kelas V dengan menganalisis kendala guru dari hasil observasi perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan penilaian sikap. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dialami oleh guru kelas V dalam melakukan penilaian sikap ialah banyaknya lembar penilaian sikap, banyaknya jumlah anak, penentuan KKM dan memperbaiki sikap anak untuk laporan yang dituliskan pada rapor di akhir semester. Terlihat dari hal tersebut guru mengalami kendala mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan penilaian sikap sehingga guru kurang optimal dalam melakukan penilaian sikap. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih mempunyai kemauan yang kuat dalam meningkatkan kemampuan di bidang ilmu pendidikan tidak hanya pada pembelajaran tetapi administrasi menjadi hal penting pada era ini.} }