@thesis{thesis, author={PUTRI VEBIONITA MEGI}, title ={PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/12131/}, abstract={ABSTRAK Putri, Vebionita Megi. 2020. Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 Tahun Di TK Al-Falah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Drs. Irwan M.Pd Kata kunci: Media Pop-Up Book, Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 Tahun Berdasarkan pengamatan peneliti di TK Al-Falah Kota Jambi pada anak usia 3-4 tahun di mana terdapat 13 anak dari 18 anak yang perkembangan bahasanya terhusus kemampuan bericara masih belum berkembang secara optimal. Masih belum berkembangnya kemampuan berbicara anak terlihat ketika masih ada anak yang belum jelas pelafalannya, anak tidak bisa mengungkapkan apa yang diinginkan sehingga anak menggunakan bahasa isyarat saat meminta sesuatu, masih belum mengenali temannya, serta anak belum bisa memahami perintah sederhana yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun di TK Al-Falah Kota Jambi. Melalui media ini anak akan lebih tertarik dan lebih percaya diri ketika diajak berkomunikasi oleh orang lain. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pre-eksperimental design dengan one-group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian anak-anak kelompok A yang berjumlah 13 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sampling purposive. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pretest menggunakan instrumen penelitian berupa angket, kemudian peneliti memberikan perlakuan, dan memberikan posttest atau tes kembali untuk melihat pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun di TK Al-Falah Kota Jambi. Setelah semua data didapat, data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil uji Wilcoxon Match Pairs Test membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5% sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh 3,179 ternyata Zhitung > Ztabel. Selanjutnya pengaruh yang didapat dengan menggunakan rumus Cohen?s sebesar 3,04 yang berarti Strong effect (kuat). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa media pop-up book berpengaruh kuat terhadap kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun di TK Al-Falah Kota Jambi.} }