@thesis{thesis, author={Mulyana Venny}, title ={Profil self-regulated learnjng strategies siswa jurusan MIPA di SMA Kecamatan Jambi Luar Kota}, year={2020}, url={http://repository.unja.ac.id/12348/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil self-regulated learning strategies siswa jurusan MIPA di SMA kecamatan Jambi Luar Kota. Self-regulated learning strategies adalah usaha untuk memonitor, meregulasi, dan mengontrol aspek kognisi, motivasi, dan perilaku. Semua proses yang terjadi akan diarahkan dan didorong oleh tujuan serta disesuaikan dengan konteks lingkungan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian survei. Desain penelitian survei yaitu prosedur penelitian kuantitatif yang dilakukan untuk memperoleh mendeskripsikan sikap, perilaku, dan karakteristik dari populasi yang diperoleh melalui sampel dalam populasi. Desain penelitian ini mengumpulkan data pada satu waktu kepada sampel. Sehingga jenis survei yang digunakan adalah cross sectional survey design. Penelitian ini dilakukan di SMA se-Kecematan Jambi Luar Kota pada 20 Januari 2020 sampai 06 Februari 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil self-regulated learning strategies siswa jurusan MIPA di SMA kecamatan Jambi Luar Kota mayoritas siswa berada pada kategori Sedang. Hal ini menujukkan bahwa mayoritas siswa cenderung untuk dapat melakukan proses pengaturan diri secara mandiri. Kemampuan ini tercermin dari derajat penggunaan strategi belajar saat proses belajar.} }