@thesis{thesis, author={Utami Vera}, title ={PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODELLING MATHEMATICS MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN KELAS IX SMP DENGAN MENGGUNAKAN OBJEK-OBJEK PADA GENTALA ARASY DI KOTA JAMBI}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/8536/}, abstract={ABSTRAK Utami, Vera .2019. Pengembangan E-modulBerbasis Modelling Mathematics MateriKekongruenandan KesebangunanKelas IX SMP denganMenggunakanObjek-objekpadaGentalaArasydi Kota Jambi: Skripsi, JurusanPendidikanMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra.Sofnidar, M.Si., (II) Drs.Sufri, M.Si. Kata Kunci: E-Modul, Modelling Mathematics,Objek-objekGentalaArasy, KekongruenandanKesebangunan Kebanyakanpesertadidikmenganggapbahwamatematikamerupakansalahsatumatapelajaran yang sulitdipahami, sepertihalnyamaterikekongruenandankesebangunan.Padadasarnyamatematikasangaterathubunganyadengankehidupansehari-hari.Salah satupenyebabnyayaitukurangnyabahan ajar yang bisamembuatpesertadidiklebihaktif, sehinggapembelajaranmatematikamenjaditidakmenarikdansemakinsulitdipahami.Salah satusolusinyayaitubelajardengan e-modul.Kemudian agar pembelajaranlebihbermakna, makaditerapkanpembelajaranberbasismodeling mathematics, yaitupembelajarandengankonteksdunianyata.Salah satunyadenganmenggunakanobjek-objekpadaGentalaArasy di Kota Jambi. Tujuandaripenelitianpengembanganinimenghasilkansebuahprodukberupa E-modulberbasisModelling Mathematicsmaterikekongruenandankesebangunankelas IX SMP denganmenggunakanobjek-objekpadaGentalaArasy di Kota Jambi danuntukmengetahuikelayakanproduk E-modul yang telahdibuat. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa E-modul yang dibuatsudahsangatbaik, karenabahan ajar berupa E-modul yang dikembangkanmemenuhikriteria validdengan rata-rata skor 4,55initermasukdalamkategori ?sangatbaik?. E-modulmemenuhikriteriakepraktisan, yaituberdasarkanhasilapresiasi guru matapelajarandengan rata-rata skor 4,16dengankriteria ?sangatbaik?, danhasilapresiasipesertadidikdengan rata-rata skor 4,36 dengankriteria ?sangatbaik?. E-modulkriteriakeefektifan, yaituberdasarkanpersentasepesertadidik yang tuntassesuai KKM adalah 76,7%%. MelihatPersentaseaktivitaspesertadidiksaatpembelajaranmenggunakan e-modulyaitu 82,44% dengankategori ?sangatbaik?, danKemudianadanyaresponpositifdaripesertadidik, halinidapatdilihatdariangket yang diberikanbahwahasilpersepsipesertadidikterhadappenggunaan e-moduldiperolehpersentase 78,89% dengankategori ?positif? ataumendapatrespon yang positifolehpesertadidik.} }