@thesis{thesis, author={FADHILAH AULIA ULFA}, title ={Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Informasi Perencanaan Karier Kelas XII IIS Di SMA Negeri 3 Kota Jambi}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/8559/}, abstract={ABSTRAK AULIA ULFA FADHILAH. 2018. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Informasi Pernecanaan Karir Kelas XII IIS Di SMA Negeri 3 Kota Jambi DOSEN PEMBIMBING : 1. Prof. Dr. Hj. Emosda, M.Pd,. Kons 2. Drs. Nelyahardi, M.Pd Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 3 Kota Jambi bahwa terdapat banyak siswa yang masih bertanya tentang bagaimana agar dapat bisa menentukan karier yang akan di pilihnya nanti. Peran guru BK untuk membantu siswa dalam menentukan perencanaan karir sangatlah penting karena dengan guru BK memberikan informasi siswa dapat menentukan karir yang sesuai dengan kemampuan dan keinginannya. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti pelaksanaan layanan informasi perencanaan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas pelaksanaan layanan informasi perencanaan karir kelas XII IIS Di SMA Negeri 3 Kota Jambi, baik berdasarkan kualiatas secara keselurahan maupun berdasarkan indikator yaitu tujuan layanan informasi, metode layanan informasi dan faktor yang mempengaruhi layanan informasi perencanaan karir. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan mengenai pelaksanaan layanan informasi perencanaan karir dengan indikator tujuan layanan informasi, metode layanan informasi dan faktor yang mempengaruhi layanan informasi perencanaan karir. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 orang siswa kelas XII IIS Di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dhikotomis dengan 2 (dua) pilihan jawaban yaitu ?Ya? dan ?Tidak?. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yaitu berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa kualiatas pelaksanaan layanan informasi berada pada kualitas ?Baik?(69,8%). Dan dilihat dari masing-masing indikator yaitu pada indikator tujuan layanan informasi perencanaan karir memiliki kualitas ?Baik? (64,1%), pada indikator metode layanan informasi perencanaan karir memiliki kualitas ?Baik? (72,2%), sedangkan pada indikator faktor yang mempengaruhi layanan informasi perencanaan karir memiliki kualitas ?Baik? (74,26%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat didimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan informasi perencanaan karir kelas XII IIS Di SMA Negeri 3 Kota Jambi berapa pada kualitas baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi siswa, guru mata pelajaran, dan guru BK guru BK bisa menjadikan hasil penelitian sebagai acuan untuk membantu siswa dalam merencanankan karir siswa melalui layanan-layanan bimbingan dan konseling. Kata Kunci : Layanan informasi Perencanaan Karir} }