@thesis{thesis, author={INSANI ANIFITRIAH}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK BERBASIS MNEMONIK MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI METABOLISME UNTUK SISWA KELAS XII SMA}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/8784/}, abstract={Metabolisme merupakan salah satu materi pada mata pelajaran biologi yang membutuhkan pemahan konsep dimana banyak terdapat istilah biologi tentang enzim, tahapan-tahapan dari katabolisme dan anabolisme yang harus dipahami oleh siswa. Konsep materi yang banyak menggunakan istilah biologi mengakibatkan siswa sulit untuk mengingat materi tersebut. Sedangkan siswa mendapat pengetahuan dari penjelasan guru dan masih menggunakan sumber belajar berupa buku paket dan powerpoint. Oleh karena itu dibutuhkan strategi dan media untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap istilah didalam materi metabolisme. Media yang dapat digunakan adalah media e-book yang di dalamnya memuat strategi mnemonik. E-book dibuat menggunakan kvisoft flipbook maker. Pemanfaatan mnemonik didalam e-book ini untuk membantu siswa mengatasi masalah yang timbul akibat karakteristik dari materi metabolisme tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-book berbasis mnemonik menggunakan kvisoft flipbook maker pada materi metabolisme, untuk mengetahui kelayakan, tanggapan serta respon siswa dan guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan data kuantitatif dan kualitatif. Selanjutnya ujicoba media pembelajaran e-book berbasis mnemonik dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi. Produk diujicobakan pada siswa yang terdiri dari kelompok kecil 6 orang dan kelompok besar 20 orang dan respon 1 orang guru biologi terhadap media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media e-book berbasis mnemonik pada materi metabolisme yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Ditinjau dari penilaian validator ahli media sebesar 95%, ahli materi sebesar 85%. Dan ditinjau dari dari respon guru biologi dan respon siswa terhadap media e-book berbasis mnemonik pada materi metabolisme yang menyatakan sangat layak dengan nilai respon guru 93,75% dan respon siswa pada ujicoba kelompok kecil 86,7% dan ujicoba kelompok besar 89,58%.} }