@thesis{thesis, author={Dewi Evrilia Puspa}, title ={LESSON STUDY MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/8879/}, abstract={ABSTRAK Dewi, Evrilia Puspa. 2019. Pembelajaran Menggunakan Media E-learning Berbasis Edmodo pada Materi Gelombang Bunyi di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengutahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis., (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran, edmodo, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan proses pembelajaran fisika yang kurang efektif dimana proses pembelajaran yang berlangsung di kelas XI MIA 6 SMA Negeri 2 Kota Jambi tidak menunjukan adanya proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kolaboratif Menggunakan media e-learning berbasis edmodo pada materi gelombang bunyi di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus. Dimana tahap-tahapnya adalah meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan , dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisa data pada penelitian ini adalah data kualitatif dengan teknik koding yang meliputi observasi keterlaksanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran dan juga dokumentasi, analisis kualitas tes, dan menghitung nilai hasil belajar. Hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar pada pre-test adalah 50,55 meningkat menjadi 84,44 pada nilai post-test atau meningkat sebesar 33,89 (67,04%). Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar pada pre-test adalah sebesar 70 dan meningkat pada nilai post-test yaitu menjadi 83,88 atau hasil belajar meningkat sebesar 13,88 (19,8%). Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar pada pre-test adalah sebesar 85,55 dan meningkat pada hasil belajar pada post-test yaitu 98,88 atau peningkatan hasil belajar dari pre-test ke post-test itu sebesar 13,33 (15,58%).} }