@thesis{thesis, author={Arozan Refki Faris}, title ={Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dalam Pemecahan Masalah pada Materi Kubus dan Balok}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/8959/}, abstract={ABSTRAK Arozan, Refki Faris. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dalam Pemecahan Masalah pada Materi Kubus dan Balok: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Kamid, M.Si (II) Ade Kumala Sari, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Literasi Matematis, Siswa FI, Pemecahan Masalah, Kubus dan Balok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif field independent dalam pemecahan masalah pada materi kubus dan balok Dalam penelitian ini kemampuan yang dimaksud adalah ketercapaian indikator kemampuan literasi matematis dalam memecahkan masalah yang mengikuti langkah-langkah Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan menelaah kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa yang diambil dari kelas VIIIA, yaitu 4 siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan skor yang tertinggi dan merupakan rekomendasi guru bidang studi matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan tes gaya kognitif untuk mengetahui gaya kognitif masing-masing individu, teknik tes untuk kemampuan literasi menyelesaikan masalah, teknik wawancara untuk mengetahui sejauh mana pemahaman 4 subjek yang memenuhi indikator literasi matematis dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukan kemampuan literasi matematis pada setiap individu terutama pada siswa dengan gaya kognitif field independent memiliki kecendrungan mampu memenuhi hampir semua indikator} }