@thesis{thesis, author={Istiqomah Prastika}, title ={Perbandingan Kemampuan Literasi Matematika Siswa yang Mengikuti Pembelajaran Menggunakan LKPD berbasis Modelling Mathematics dan LKPD berbasis Budaya Jambi di Kelas VII SMPN 14 Kota Jambi}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/8984/}, abstract={Istiqomah, Prastika. 2019. Perbandingan kemampuan literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis modelling mathematics dan LKPD berbasis budaya jambi di kelas VII SMP Negeri 14 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S., (II) Dra.Sofnidar, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, LKPD berbasis modelling mathematics, LKPD berbasis Budaya Jambi, Segiempat. Kemampuan Literasi Matematika siswa merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas VII SMPN 14 Kota Jambi, diketahui bahwa kemampuan literasi matematika siswa masih rendah. Siswa masih kesulitan dalam memahami dan mengerjakan suatu permasalahan matematika non rutin dan saat terlibat dalam proses pembelajaran siswa cenderung senang untuk berdiskusi dengan siswa lainnya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan kemampuan literasi matematika siswa masih rendah. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan bahan ajar LKPD berbasis modelling mathematics dan LKPD berbasis Budaya Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan literasi matematika siswa menggunakan LKPD berbasis modelling mathematics dengan yang menggunakan LKPD berbasis Budaya Jambi di kelas VII SMPN 14 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Randomized Posttest-Only Contol Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 14 Kota Jambi yang berjumlah 189 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VII E terpilih sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII F terpilih sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat kemampuan literasi matematika siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan dengan uji-t. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil tes kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen I sebesar 78,18182 sedangkan pada kelas eksperimen II sebesar 68,4375. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis modelling mathematics lebih baik dari pada kemampuan literasi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan LKPD berbasis Budaya Jambi.} }