@thesis{thesis, author={GUSTI RINA}, title ={Perbandingan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Geometri Menggunakan Model Outdoor Berbasis Modelling Mathematics Dan Outdoor Berbasis PBL Di Kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/8985/}, abstract={Gusti, Rina. 2019. Perbandingan Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Geometri Menggunakan Model Outdoor Berbasis Modelling Mathematics dan Outdoor Berbasis PBL di Kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Sofnidar, M.Si. (II) Drs. Husni Sabil, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Outdoor Berbasis Modelling Mathematics, Outdoor Berbasis PBL Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran besaran perbandingan kemampuan literasi matematis siswa menggunakan model outdoor berbasis modelling mathematics dan outdoor berbasis PBL. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan soal tes hasil kemampuan literasi matematis dan angket kemampuan literasi matematis. Setelah data penelitian didapat akan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil kemampuan literasi matematis siswa pada kelas eksperimen I yang menggunakan model outdoor berbasis modelling mathematics sebesar 75,67 dan hasil kemampuan literasi matematis siswa pada kelas eksperimen II yang menggunakan model outdoor berbasis PBL sebesar 65,81 serta hasil angket kemampuan literasi matematis pada kelas eksperimen I adalah 74,8 dan pada kelas eksperimen II sebesar 71,66. kemudian dilakukan analisis menggunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan sehingga diperoleh t_hitung=2,7235 dan t_tabel= 2,0009, dimana t_hitung berada diluar daerah penerimaan H_0 maka H_0 ditolak dan H1 diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan model outdoor berbasis modelling mathematics lebih baik daripada kemampuan literasi matematis siswa menggunakan model outdoor berbasis problem based learning (PBL).} }