@thesis{thesis, author={PRAMONO ADI}, title ={Perbedaan Hasil Belajar Siswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Model Pembelajaran Konvensional Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/9422/}, abstract={Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebakan oleh beberapa faktor, yaitu kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga menyebabkan kurang aktifnya siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan tersebut adalah dengan mengubah proses pembelajaran yang lebih menekankan pada proses berpikir siswa antara lain model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design dengan dua kelas sampel. Kelas eksperimen diajarkan dengan model Talking Stick guna melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Analisis data untuk mengetahui perbedaan rata-rata digunakan uji t dengan kriteria pengujian dua pihak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest untuk kelompok eksperimen sebesar 74,9 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 67,77. Hasil analisis uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t, antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,3839 >1,9973. Artinya hipotesis H_0 ditolak dan hipotesis H_1 diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model Talking Stick terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi.} }