@thesis{thesis, author={Bakara Dian}, title ={PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS RESITASI KELOMPOK PADA MATERI ANIMALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/9467/}, abstract={Abad 21 banyak perubahan dan percepatan yang terjadi yang mengharuskan setiap orang juga memiliki keterampilan agar tidak mengalami ketertinggalan. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki pada abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis. Cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis resitasi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis resitasi kelompok pada materi Animalia berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 7 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah True Eksperiment. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Pengambilan data hanya pada ranah kognitif menggunakan instrumen berupa tes uraian (essay). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,61 pada kelas eksperimen dan 73,49 pada kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji t dua sampel, dan hasil yang diperoleh yaitu thitung = 3,07 dan ttabel = 1,671, sehingga dapat diketahui harga thitung > ttabel pada taraf nyata 0,05. Hal ini berarti hipotesis H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis resitasi kelompok pada materi Animalia berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.} }