@thesis{thesis, author={Ningtyas Dwi}, title ={Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Mathematics Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa pada Materi Kesebangunan Segitiga di Kelas IX SMP N 3 Batang Hari}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/9497/}, abstract={ABSTRAK Ningtyas, Dwi. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Outdooor Mathematics Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Pada Materi Kesebangunan Segitiga di Kelas IX SMP N 3 Batang Hari: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematika Siswa, Model Pembelajaran Outdoor Mathematics, Kesebangunan Segitiga. Ketidaksempurnaan memahami matematika dari seorang guru sedikit banyak akan menyebabkan ketidaksempurnaan pada proses pembelajaran di kelas, diantaranya disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang tepat. Hal ini mengakibatkan siswa tidak dapat mengkonstruksikan pengetahuan yang dimilikinya terhadap pembelajaran yang dipelajari. Oleh karena itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mengarahkan siswa menjadi aktif dalam belajar sehingga siswa mampu mengkonstruksikan pengetahuan yang dimilikinya yang disesuaikan dengan standar kemampuan matematika yang harus dimiliki oleh siswa salah satunya kemampuan penalaran.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran outdoor mathematics terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Metode pengumpulan data untuk aspek pengetahuan dengan soal posttest sedangkan penilaian aspek sikap dan keterampilan dengan lembar observasi yang kemudian dideskripsikan. Uji hipotesis yang digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perlakuan terhadap kelas eksperimen menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest di kelas eksperimen 69,75 dan kelas kontrol 53,46. Kemudian dibuktikan dengan hasil uji thitung dibandingkan ttabel untuk nilai posttest dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan thitung > ttabel yaitu 7,8415>1,6695 Sehingga H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwasannya penerapan model pembelajaran outdoor mathematics berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas IX SMP N 3 Batang Hari.} }