@thesis{thesis, author={Zarnazi Zarnazi}, title ={pengembangan LKS elektronik Fisika SMP berbasis discovery learning pada materi suhu dan kalor}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/9584/}, abstract={ABSTRAK Zarnazi. 2019. Pengembangan LKS Elektronik Fisika SMP Berbasis Discovery Learning Pada Materi Suhu dan Kalor: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd., M.Pd (II) Haerul Pathuni, S.Pd., M.Pfis., Kata kunci: LKS Elektronik, Discovery Learning, Suhu dan Kalor Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS elektronik Fisika SMP berbasis discovery learning pada materi suhu dan kalor serta mengetahui persepsi siswa terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Muaro Jambi dengan subjek penelitian siswa kelas VIIA sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket persepsi siswa. Data kualitatif dianalisis dengan model Miles and Huberman sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan ini mendapat respon baik dari siswa dan dapat digunakan salah satu alternatif bahan ajar yang dalam digunakan. Dengan skor validasi ahli media dan ahli materi terhadap lks elektronik yaitu 81 dan 53 termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil persepsi mahasiswa pada uji coba adalah 61,03 yang dikategorikan sangat baik. Produk yang dihasilkan memiliki spesifikasi antara lain memiliki format .exe dan 3DP yang dapat dijalankan pada komputer. Pada LKS elektronik ini berisi kata pengantar, tombol navigasi yang menjelaskan fungsi-fungsi dari tombol yang digunakan dalam panduan, dan daftar isi otomatis. Terdapat lima kegiatan praktikum yang dilengkapi dengan pre-test, materi praktikum, petunjuk pratikum, video tutorial, tabel data percobaan dan analisis data serta halaman untuk menuliskan kesimpulan. Jenis huruf yang digunakan adalah Goudy Old Style. Dari hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa LKS elektronik yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar ynag dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Tetapi masih ada yang perlu diperbaiki dan dilengkapi seperti penambahan simulasi percobaan.} }