@thesis{thesis, author={LESTARI SUCI}, title ={UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN BERMAIN SAINS PADA ANAK USIA DI TK DHARMA WANITA KABUPATEN BATANGHARI}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/9778/}, abstract={Lestari, Suci, 2019 ?Upaya Meningkatkan Keterampilan dalam Kecerdasan Naturalis Melalui Kegiatan Bermain Sains Pada Anak Usia Dini di Tk Dharma Wanita Kabupaten Batanghari?, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jambi, pembimbing: (1) Dra. Kasmiati, M.Pd (2) Nofrans Eka Saputra, S.Psi.,M.A Kata Kunci: Kecerdasan naturalis, Bermain sains Penelitian ini berlatar belakang masih belum optimalnya kecerdasan naturalis anak pada anak kelompok B1 di TK Dharma Wanita Kabupaten Batanghari hal ini dilihat pada saat observasi awal ketika anak berada di luar kelas dan dalam kelas yang mana masih terdapat anak yang belum bisa menjaga lingkungan kebersihan dengan proaktif, masih ada beberapa anak yang belum bisa merawat tanaman, dan masih ada anak yang belum mampu menyebutkan nama jenis tanaman yang dilihatnya. Kecerdasan naturalis menurut Gadner (dalam Yuliani 2011 : 193) adalah merupakan kemampuan seseorang dalam mengkategorikan spesies yang ada dilingkungan sekitar, memanfaatkan dan melestarikan alam sekitarnya yang meliputi hal-hal yang berkaitan dengan tumbuhan, hewan, tata surya, berbagai galaksi, keadaan cuaca, dan fenomena alam lainnya. Sedangkan kegiatan bermain sains menurut Gibasa (2012 : 55) adalah suatu permainan yang menyenangkan dan menarik untuk dilaksanakn bagi anak agar mampu secara aktif mencari informasi tentang segala sesuatu yang ada disekitarnya yang berhubungan dengan alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kecerdasan naturalis anak sebelum diberi tindakan, sesudah diberi tindakan, dan untuk mengetahui apakah dengan kegiatan bermain sains dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Penelitian ini mempunyai manfaat bagi guru, bagi TK Dharma Wanita Kabupaten Batanghari, dan bagi mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi, dan melakukan refleksi terhadap pertemuan. Data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I pertemuan 1 presentase kecerdasan naturalis anak mencapai 32,45%, pertemuan 2 presentase mencapai 40,05%, pertemuan 3 presentase mencapai 43,05%, presentase pertemuan 4 mencapai 56,67%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II pertemuan 1 dengan presentase mencapai 61,10%, pertemuan 2 presentase mencapai 71,4%, pertemuan 3 presentase mencapai 74,53%, kemudian pertemuan 4 perkembangan motorik halus anak berhasil memperoleh nilai presentase 81,45%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun dapat di tingkatkan melalui kegiatan bermain sains.} }