@thesis{thesis, author={JANNAH NUR}, title ={Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tipe Kepribadian Introvert dalam Menyelesaikan Soal Program Linier di SMAN 1 Muaro Jambi}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/9793/}, abstract={Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu dari lima kemampuan dasar matematika yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran sangatlah penting. Matematika adalah subjek penting untuk mengembangkan kemampuan komunikasi karena komunikasi matematis dan pemikiran matematika diperlukan oleh siswa untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupannya terutama ketika memasuki dunia kerja. Kemampuan komunikasi matematis penting untuk dimiliki siswa, salah satunya yaitu siswa dengan tipe kepribadian introvert yang ada di SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa tipe kepribadian introvert dalam meyelesaikan soal program linier di SMAN 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Muaro Jambi dengan pemilihan subjek penelitian berdasarkan skor hasil tes kepribadian MBTI sehingga diperoleh siswa dengan tipe kepribadian introvert. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang memilih 3 subjek dengan kategori kepribadian introvert. Teknik pengumpulan data menggunakan tes MBTI untuk mengetahui siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert yang akan dijadikan subjek penelitian, teknik tes lembar penyelesaian soal, think aloud dan wawancara untuk mendapatkan data kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan tipe kepribadian introvert memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu dominan pada indikator kemampuan tata bahasa, indikator kemampuan memahami wacana dan indikator kemampuan strategis. Pada indikator kemampuan komunikasi matematis yang ketiga yaitu kemampuan sosiolinguistik hanya KI3 yang memenuhi indikator kemampuan sosiolinguistik, KI1 dan KI2 belum dapat menyajikan permasalahan pada soal ke dalam grafik dengan benar. Serta tidak dapat memberikan alasan yang logis terhadap jawaban yang telah diberikannya. Hal ini dipengaruhi oleh kepribadian introvert yang mereka miliki. Individu bertipe introvert membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengemukakan pemikirannya kepada orang lain.} }