@thesis{thesis, author={Chintya Sella}, title ={ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR ASSIMILATOR}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/9851/}, abstract={Pemecahan masalah matematika sanga penting untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa assimilator. Ada empat indikator dalam berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses berpikir siswa assimilator dalam pemecahan masalah matematika di SMPN 7 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes gaya belajar Kolb, soal pemecahan masalah dan wawancara. Tes gaya belajar diberikan kepada 32 orang siswa dan didapat 10 calon subjek memiliki gaya belajar assimilator. Lalu dikelompokan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok pertama dengan hasil jawaban benar dan lengkap, kelompok kedua dengan hasil jawaban lengkap dan salah dan kelompok ketiga hasil jawaban benar tapi tidak lengkap. Dari masing masing kelompok diambil satu siswa yang dijadikan subjek penelitian. Data diperoleh dari lembar tugas siswa yang dikerjakan dengan think aloud dan dilanjutkan dengan wawancara berdasarkan lembar jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan subjek pertama memenuhi semua indikator berpikir kreatif, subjek kedua tidak memenuhi indikator flexibity karena subjek kedua kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan dan subjek ketiga tidak memenuhi indikator flexibility dan elaboration karena subjek ketiga tidak mengumpulkan banyak informasi yang dapat membantunya untuk mengerjakan soal yang diberikan. Kata Kunci :Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Gaya Belajar Assimilator} }