@thesis{thesis, author={ananda marisa putri}, title ={ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/9905/}, abstract={ABSTRAK Ananda, Marisa P. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di SMA. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. FKIP. Universitas Jambi, Pembimbing : (1) M. Haris Effendi. Hsb. S.Pd., P.h.D (2) Dra. Fatria Dewi, M.Pd Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, Kemampuan Argumentasi dan Laju Reaksi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang kurang tertarik dan kesulitan dalam memahami materi kimia dan proses pembelajaran yang berlangsung cenderung didominasi oleh guru, dengan model pembelajaran penyampaian informasi atau diskusi kelas yang belum terlaksana dengan baik sehingga terdapat sebagian siswa yang kurang aktif dan kurang mengeluarkan pendapat baik dalam proses belajar maupun diskusi. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Cooperative Integrated Reading and Composition dan korelasinya terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi laju reaksi di SMA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Deskriptif korelational dengan desain Mixed Method. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru dan siswa, tes lisan, posstest serta angket penilaian diri siswa. Pengujian hipotesis dengan uji t untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dengan kemampuan argumentasi siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh persentase keterlakasanaan model Cooperative Integrated Reading and Composition oleh guru sebesar 77,27% (baik) dan siswa sebesar 74,90% (baik). Angket penilaian diri siswa diperoleh rxy = 0,876 dengan tingkat hubungan yang sangat kuat. Hasil persentase tes lisan sebesar 72,22% (baik) dan hasil pensentase posstest sebesar 55,05% (cukup baik). Hubungan keterlaksanaan model Cooperative Integrated Reading and Composition dan kemampuan argumentasi siswa diperoleh rxy= 0,6310 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat dan uji r2 sebesar 0,398, kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan varian homogen. Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlaksanaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan kemampuan argumentasi siswa. Ditunjukkan data diatas, dapat disimpulkan Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berkorelasi Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di SMA} }