@thesis{thesis, author={Royani Ida}, title ={Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Mengikuti Model Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas VII SMP Pertiwi I Kota Jambi}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/9945/}, abstract={Royani, Ida. 2019.Perbedaan Kemampuan Komunikasi MatematisSiswa Yang Mengikuti Model Reciprocal Teaching) dan Model Pembelajaran Langsungdi SMP Pertiwi I Kota Jambi.Skripsi. Program StudiPendidikanMatematika. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi.Pembimbing: (I) Dr.Muslim, S.Pd,M.Si(II)Sufri, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Model, Pembelajaran Reciprocal Teaching, Pembelajaran Langsung,Kemampuan Komunikasi Matematis Penelitianinibelakangiolehkurangnya kemampuan komunikasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaiakannya. Selain itu kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Denganmenerapkan model Reciprocal teachingdapatmeningkatkankeaktifansiswadalam proses pembelajaran di kelas. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaankemampuankomunikasi matematissiswa yang mengikuti model Reciprocal teachingdengan model pembelajaran Langsung. Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendengandesainposttest only control. Penelitian dilaksankan di SMP Pertiwi I Kota Jambi di kelas VII pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang ditelitisebanyak47siswa yang terdiridari24siswakelaseksperimendan23siswakelaskontrol.Teknikpengambilansampelmenggunakantekniksampel acak (simple random sampling).Instrumenpenelitian yang digunakanadalahsoaluraiantentangkemampuankomunikasi matematissebanyaklimabutirsoaldanlembarobservasi. Uji hipotesis menggunkan uji-t, dari hasil pengolahan data diperoleh t_hitung>t_tabel dengan t_hitungadalah 11,6 dan t_tabeladalah 2,00 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dengan kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol. Dengan rata-rataPost-testsiswapadakelaseksperimenyaitu 74,78 dan pada kelas kontrol yaitu 64,07. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dan model pembelajaran Langsung di SMP Pertiwi I Kota Jambi. Dimana rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model Reciprocal Teachinglebihtinggi dari pada rata-ratakemampuan komunikasi matematis siswa model pembelajaran Langsung.} }