@thesis{thesis, author={SEIN KOMARIYAH}, title ={Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Applcation, Reflection, Extension) pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/9988/}, abstract={ABSTRAK Komariyah. 2019. DesainLembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) BerbasisICARE(Introduction, Connection, Applcation, Reflection, Extension) DenganPendekatanSaintifikPadaMateriStatistikaUntukSiswaKelas VIII SMP: Skripsi, JurusanPendidikanMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs.ZaimiEffendi,M.Pd, (II) FeriTiona Pasaribu,S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), ICARE(Introduction, Connection, Applcation, Reflection, Extension), Statistika Pembelajaran matematika tidak terlepas dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga matematika sangatlah penting untuk dipelajari. Pembelajaranmatematikajugadijadikansebagaisalahsatupenentukelulusanpesertadidikdalamsetiapjenjangpendidikan. Akan tetapi, masih banyak peserta didik yang menganggap bahwa pelajaran matematika sangatlah sulit, salah satunya yaitu aritmatika sosial. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi dalam diri peserta didiksehingga guru beranggapan bahwa penggunaan model pembelajaran kurang efektif, dan akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Olehkarenaitudiperlukansuatubahan ajar dan model pembelajaran yang efektifdandapatmembuatpesertadidikaktifdalam belajar.Salah satusolusinyayaitubelajardenganmenggunakan LKPD yang menarik.Kemudian agar pembelajaranlebihbermakna, maka.diterapkanpembelajaranberbasisICARE(Introduction, Connection, Applcation, Reflection, Extension)denganpendekatansaintifikpadamateristatistika. TujuandaripenelitianpengembanganinimenghasilkansebuahprodukberupaLembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)berbasisICARE(Introduction, Connection, Applcation, Reflection, Extension)denganpendekatansaintifikpadamateristatistikakelas VIII SMPdanuntukmengetahuikelayakanprodukLKPD yang telahdibuat. HasilpenelitianmenunjukanbahwaLKPD yang dibuatsudahsangatbaik, karenabahan ajar berupaLKPD yang dikembangkanmemenuhikriteria validdengan rata-rata skor 4,37initermasukdalamkategori ?sangatbaik?. LKPDmemenuhikriteriakepraktisan, yaituberdasarkanhasilpenilaian guru matapelajarandengan rata-rata skor 4,66dengankriteria ?sangatbaik?, danhasilapresiasipesertadidikdengan rata-rata skor 4,51dengankriteria ?sangatbaik?.LKPD memenuhikriteriakeefektifan, yaituberdasarkanpersentasepesertadidik yang tuntassesuai KKM adalah73,33%. MelihatPersentaseaktivitaspesertadidiksaatpembelajaranmenggunakanLKPDyaitu88,13% dengankategori ?sangatbaik?, dankemudianadanyaresponpositifdaripesertadidik, halinidapatdilihatdariangket yang diberikanbahwahasilresponpesertadidikterhadappenggunaanLKPDdiperolehpersentase87,66% dengankategori ?positif? ataumendapatrespon yang positifolehpesertadidik.} }