@thesis{thesis, author={Misbah Zulkarnain K and Sultan Mufti Amir and Suyuti Suyuti}, title ={PREDIKSI KAPASITAS DUKUNG EMBANKMENT DIPERKUAT MATRAS DI ATAS TANAH DASAR LUNAK}, year={2017}, url={http://repository.unkhair.ac.id/14/}, abstract={Indonesia terdiri atas beribu pulau, dimana sekitar tiga puluh persen daratannya adalah tertutup deposit tanah lunak atau gambut. Pemerintah daerah sedang giat membangun infrastruktur jalan, dimana tidak sedikit tanah dasar lunak memiliki permasalahan stabilitas seperti rendahnya kapasitas dukung. Kementerian Pekerjaan Umum telah menerbitkan beberapa pedoman metode perkuatan tanah lunak atau tanah gambut (PU., 1999, 2002, 2005). Sejumlah peneliti Indonesia telah mempublikasikan bahwa matras dengan material lokal kayu atau bambu dapat mereduksi dan meratakan beban-beban dari embankment, dengan metode trial dan model skala kecil di laboratorium. Sayangnya, pedoman dan hasil penelitian tersebut masih menggunakan metode desain dengan trial embankment, bersifat parsial dan harus divalidasi dengan perangkat lunak yang mahal, ini menyulitkan para insinyur lokal. Penulis menyusulkan metode estimasi empiris ini tanpa trial embankment, dimana matras menggunakan bahan kayu/bambu. Kriteria desain matras sebagai perkuatan embankment adalah berfungsi memberikan perkuatan, gaya apung dan mendistribusikan beban-beban dari embankment. Studi ini, melakukan evaluasi hitungan empiris matras di atas properties tanah yang berbeda-beda. Metode perhitungan perkuatan ini adalah menggunakan korelasi kapasitas dukung qbts dan distribusi tegangan ?eb. Selanjutnya, hasil-hasil grafik dapat memudahkan insinyur lokal dalam mendesain dan menangani pembangunan infrastruktur di daerah.} }