@thesis{thesis, author={Al-Amin Muhammad Fajar}, title ={HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS BERBASIS PENDEKATAN SOSIO-EMOSIONAL DENGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER}, year={2017}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/10173/}, abstract={Pendidikan adalah sebuah proses yang disengaja untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan, meningkatkan, memahamkan, serta membentuk sosok karakter dari seorang pemula hingga menjadi ahlinya. Seperti yang tertulis pada pasal 3 di dalam Undang-Undang SISDIKNAS UU RI No. 20 tahun 2003. Dalam pendidikan agama islam guru dituntut untuk menguasai berbagai macam pengelolaan kelas dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kondisi peserta didik. Salah satu metode pengelolaan kelas dalam pembelajaran yang digunakan disini adalah pendekatan sosio emosional. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan pengelolaan kelas berbasis pendekatan sosio emosional dengan efektivitas pembelajaran di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Prosedur penelitian yang dipakai adalah menggunakan prosedur penelitian Arikunto (2014:61), analisis hasil penelitian yang dipakai adalah menggunakan program IBM SPSS Statistics 22 dengan rumus korelasi koefisien. Dengan menggunakan instrumen pengumpulan data metode angket atau kuesioner dengan jumlah butir pertanyaan masing-masing variabel 10 butir pertanyaan, yang telah diuji hasil validitas dan reliabilitasnya. Tujuan penelitian ini akan mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai penulis yaitu, untuk mengetahui hubungan antara pendekatan sosio-emosional dalam pengelolaan kelas dengan efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai probabilitas 0,05 lebih besar dari nilai probabilitas Sig atau (0.05 ? Sig), maka H? ditolak dan H? diterima artinya signifikan. Pada hasil Correlation diperoleh variabel pemilihan pendekatan sosio emosional mempunyai nilai Sig sebesar 0,00. Dibandingkan dengan probabilitas sebesar 0.05, ternyata nilai probabilitas lebih besar dari Sig (0.05 > 0.00), maka berdasarkan data tersebut H? ditolak dan H? diterima, artinya signifikan. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan sosio emosional mempunyai nilai yang signifikan terhadap efektivitas pembelaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendektan sosio emosional memiliki hunbungan yang signifikan dengan efektivitas pembelajaran. Maka dari itu disarankan kepada lembaga sekolah maupun guru pengajar untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih mengelola kelasnya, guna meningkatkan kualitas dan efektivitas baik di dalam pembelajaran maupun pendidikan pada umumnya.} }