@thesis{thesis, author={Nurhidayat Muhammad Robi}, title ={Hubungan Pola Asuh Wali Kamar dengan Tingkat Kemandirian ADL (Activity Of Daily Living) Santri Usia Sekolah di Pondok Pesantren Anak-Anak dan Tahfidzul Qur’an Al-Qodiri Jember}, year={2017}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/1041/}, abstract={Pola asuh orang tua terhadap anak merupakan bentuk interaksi antara anak dan orang tua selama mengadakan pengasuhan yang berarti orang tua mendidik, membimbing dan melindungi anak termasuk didalamnya kemampuan orang tua dalam membiasakan activity of daily living pada anak usia sekolah, sehingga terbentuk kemandirian activity of daily living pada anak usia sekolah. Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh wali kamar dengan tingkat kemandirian activity of daily living. Populasinya adalah semua santri usia sekolah (6-12 tahun) yang ada di Pondok Pesantren Anak-anak dan Tahfidzul Qur?an AL-QODIRI Jember, dengan jumlah 35 populasi, dan seluruhnya dijadikan sampel penelitian, instrumen kuesioner. Hasil penelitian pola asuh wali kamar mayoritas menerapkan pola asuh demokratis sejumlah 28 (80,0%) dan tingkat kemandirian cenderung mandiri sejumlah 27 (77,1%) dengan menggunakan Chi-Square didapatkan tingkat koefisien korelasi dengan tingkat signifikan 0,047 dimana nilai P volue 0,047 < 0,05 yang menunjukan ada hubungan antara pola asuh dengan tingkat kemandirian activity of daily living. Pola asuh dengan kemandirian santri sangat berpengaruh dalam pengasuhan santri, terutama pada santri usia sekolah (6-12 tahun). Rekomendasi penelitian ini yaitu menjadikan pola asuh wali kamar dengan tingkat kemandirian activity of daily living santri usia sekolah salah satu literatur penelitian selanjutnya.} }