@thesis{thesis, author={Fajariyah Siti Nur}, title ={HUBUNGAN PERAN PERAWAT SEBAGAI EDUCATOR DENGAN KEMAMPUAN REMAJA PEREMPUAN DALAM MENJAGA KESEHATAN REPRODUKSI DI MADRASAH ALIYAH FATAHILLAH SUKOJEMBER}, year={2018}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/10461/}, abstract={Pendahuluan: Kemampuan menjaga kesehatan reproduksi merupakan cara untuk dapat merawat organ reproduksi guna mencegah adanya masalah pada organ reproduksi. Kesehatan reproduksi merupakan hal yang sangat penting terutama bagi remaja perempuan, dimana remaja perempuan cenderung melakukan hal yang dapat mempengaruhi kesehatan reproduksinya. Peran perawat sebagai educator sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya masalah pada reproduksi remaja perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran perawat sebagai educator dengan kemampuan remaja perempuan dalam menjaga kesehatan reproduksi di Madrasah Aliyah Fatahillah Sukojember. Metode: Desain penelitian ini menggunakan korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan pemilihan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling pada 32 sampel remaja perempuan. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 21 orang (65,6%) jumlah terbanyak remaja mampu menjaga kesehatan reproduksi dan 19 orang (59,4%) peran perawat sebagai educator baik. Hasil uji korelasi Spearmen rho diperoleh p 0,000 (? ? 0,05), berarti Hi diterima yang artinya ada hubungan peran perawat sebagai educator dengan kemampuan remaja perempuan dalam menjaga kesehatan reproduksi di Madrasah Aliyah Fatahillah. Kekuatan korelasi dapat dilihat melalui nilai r yaitu 0,607 yang berarti kekuatan hubungan antar variabel kuat. Diskusi: Ditinjau dari hasil tersebut peneliti berpendapat bahwa adanya peran perawat sebagai educator yang baik berpengaruh terhadap kemampuan remaja dalam menjaga kesehatan reproduksi Kata kunci : Peran, Educator, Kemampuan, Remaja perempuan, Kesehatan reproduksi} }