@thesis{thesis, author={susanti siti}, title ={Penerapan Pembelajaran Steam Dengan Metode Ecobrick Melalui Model Pembelajaran Pjbl Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Di Smp Muhammadiyah 1 Jember}, year={2021}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/8572/}, abstract={Ecobrick merupakan salah satu metode kreatif bagi penanganan sampah plastik, fungsinya bukan untuk menghancurkan sampah plastik, melainkan untuk memperpanjang usia plastikplastik tersebut dan mengolahnya menjadi sesuatu yang berguna. Pendekatan pembelajaran STEAM merupakan sarana bagi peserta didik untuk menciptakan ide/gagasan berbasis sains dan teknologi melalui kegiatan berpikir dan bereksplorasi dalam memecahkan masalah berdasarkan pada lima disiplin ilmu yang terintegrasi. Model pembelajaran PJBL merupakan model pembelajaran ynag berbasis proyek, pada penelitian ini pembelajaran yang digunakan yaitu mengenai lingkungan sekitar. Masalah penelitian ini adalah apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif pada siswa menggunakan pembelajaran STEAM dengan metode ecobrick melalui model PJBL dan pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional seperti yang biasa diterapkan di SMP Muhammadiyah 1 Jember, dan bagaiman penerapan pembelajaran STEAM dengan metode Ecobrick melalui model PJBL terhadap KPS siswa. Peneitian bertujuan untuk mengetahui penerapan Pembelajaran STEAM dengan Metode Ecobrick Melalui Model Pembelajaran PJBL Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMP 1 Muhammadiyah Jember Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Jember, tanggal 24 Februari 2020 sampai 05 maret dikelas VII A dan kelas VII B. Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimen. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan dilajnutkan dengan uji hipotesis menggunkaan Uji T-Test. Berdasarkan hasil analisis uji t-test diperoleh taraf sig (2-tailed) 0,000 < ? 0,05, dan t hitung 7,896 > t tabel 0,056 maka bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif pada siswa menggunakan pembelajaran STEAM dengan metode ecobrick melalui model PJBL dan pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional seperti yang biasa diterapkan di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Nilai rata-rata presentase yang dihasilkan dari keseluruhan aspek KPS 80% dan dikategorikan baik.} }