@thesis{thesis, author={Djaka Arifin}, title ={upaya meningkatkan pembelajaran Al qur'an melalui metode tajdid (study kasus SMP Muhammadiyah kabupaten Bondowoso)}, year={2020}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/8636/}, abstract={Al-Qur?an merupakan sumber ajaran agama Islam yang utama dan pertama, maka dari itu sangatlah penting bagi umat Islam untuk mempelajari dan memahami kandungan isi Al-Qur?an. Al-Qur?an juga merupakan kebutuhan yang kuat pada umat islam terhadap pendidikan anak sejak dini, khususnya dibidang kemampuan membaca Al-Qur?an. Dalam dunia proses belajar mengajar (PMB) metode jauh lebih penting dari materi, Suatu metode dikatakan baik dan cocok apabila bisa mengantar pada tujuan yang di maksud. Metode Tajdid lahir sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan sistem pendidikan Al-Qur`an yang lebih komprehensif, penanamana rasa cinta kepada Al-Qur`an dan konteks pembelajarannya bertujuan untuk menanamkan kedekatan terhadap Al-Qur`an. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah meningkatkan pembelajaran Al-Qur?an melalui metode Tajdid di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bondowoso ?; (2) Faktor apa yang mendukung dan menghambat pembelajaran Al-Qur?an melalui metode Tajdid di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bondowoso ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui cara meningkatkan pembelajaran Al-Qur?an melalui metode Tajdid di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bondowoso;(2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran Al-Qur?an melalui metode Tajdid di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bondowoso Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Guru menggunakan pendekatan pembelajaran metode Tajdid yang berorientasi pada siwa, dengan strategi pembelajaran menggunakan baca simak klasikal, dan pembelajaran menggunakan teknik bernyanyi dan cerita ; (2) Faktor pendukung adanya sarana prasarana seperti disedikannya buku Tajdid, jilid juz amma dan Al-Qur?an diperpustakaan, adanya media pembelajaran seperti laptop dan LCD, dan terakhir adanya minat dari dari siswa. Kurangnya perhatian orang tua di lingkungan keluarga, alokasi waktu bimbingan yang kurang dan kurangnya kesadaran peserta didik dalam hal membaca Al-qur?an menjadi faktor penghambat guru Al Qur?an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an dengan menggunakan metode Tajdid.} }