@thesis{thesis, author={Masruroh Aini}, title ={Pengaruh Biblioterapi terhadap Kesiapan Menghadapi Menarche pada Anak Usia (10 - 12 Tahun) di SDN Umbulrejo 01 Kabupaten Jember}, year={2016}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/870/}, abstract={Menarche atau haid pertama merupakan proses perubahan biologis yang dialami remaja perempuan dari transisi masa anak-anak menuju dewasa. Kesiapan menghadapi menarche diperlukan adanya pengetahuan dan kesiapan mental yang baik. Biblioterapi merupakan buku pendidikan kesehatan yang dapat membantu anak mengatasi permasalahan karena dapat mempengaruhi proses berpikir menjadi lebih terbuka serta siap menghadapi menarche. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh biblioterapi terhadap kesiapan menghadapi menarche pada anak usia (10-12 tahun). Penelitian ini menggunakan desain menggunakan desain pra experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah 45 anak usia sekolah di SDN Umbulrejo 01 dengan sampel sejumlah 43 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data uji wilcoxon ( p < 0,05 ). Hasil penelitian ini rata-rata kesiapan dalam indikator kesiapan fisik pre test 2,88 dan post test 5,51 dengan nilai signifikansi 0,00. Indikator kesiapan psikolois pre test 6,37 dan pos test 8,79 dengan nilai signifikansi 0,00. Melihat hasil pre test dan post test ketiga komponen di peroleh hasil ? value 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh biblioterapi terhadap kesiapan menghadapi menarche dengan nilai signifikansi (p = 0,000). Kurangnya informasi tentang menarche pada anak akan mempengaruhi kesiapan anak menghadapi menarche. Oleh karena itu rekomendasi dari penelitian ini, bagi orang tua dan petugas kesehatan yang bertanggung jawab dibidang kesehatan agar biblioterapi dapat diterapkan sebagai bahan bacaan anak agar lebih mudah memperoh informasi tentang menarche.} }