@thesis{thesis, author={Adhi Nugroho Febri}, title ={Struktur Kalimat Pokok dalam Paragraf Karangan Siswa Kelas VII MTsAssidiq Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017}, year={2017}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/8772/}, abstract={Kalimat adalah satuan sintaksis yang disusun dari konstituen dasar yang biasanya berupa klausa, dilengkapi dengan konjungsi bila diperlukan serta disertai dengan intonasi final. Baik kata maupun kalimat merupakan kesatuan bentuk pendukung bahasa yang sangat penting, lebih-lebih dalam bahasa indonesia, karena itu bahasa ditentukan oleh susunan kata maupun oleh susunan kalimatnya. Kalimat merupakan bagian terkecil dalam susunan paragraf dan mempunyai struktur diantaranya S-P-O-K-Pel. Menulis karangan adalah segenap rangkaian seseorang mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada masyarakat pembaca untuk dipahami. Bahan dalam penelitian ini adalah menulis karangan. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimana struktur kalimat pokok yang terdapat pada karangan siswakelas VII MTs. Assidiqi Glenmore Banyuwangi Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian dilakukan untuk mengetahui struktur kalimat dalam sebuah karangan. Kualitatif merupakan kegiatan yang tidak menggunakan angka dalam mengumpulkan data dan dalam memberikan penafsiran terhadap hasilnya. Penelitian tentang struktur kalimat pokok dalam paragraf karangan siswa menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil observasi melalui metode fakta karangan siswa. Data diambil berjumlah 23 orang yang terdiri dari 13 siswi dan 10 siswa. Jumlah data yang ditemukan sebanyak 36 kalimat pokok dengan macam pola kalimat, diantaranya pola KW-S-P-O-K delapan kalimat, S-P-O-K dua kalimat, KW-S-P-Pel satu kalimat, KW-S-P-Pel-K empat kalimat, KW-S-P-O-Pel tiga kalimat, KS-S-P-O-Pel dua kalimat, KW-S-P-Ket satu kalimat, KW?S-P-O empat kalimat, KW-P-O-K satu kalimat,KW-S-P-K empat kalimat,KW-S-P-K-Pel dua kalimat, KT-S-P-K satu kalimat, KT-S-P-O satu kalimat,S-P-O-Pel satu kalimat, dan S-P-K satu kalimat. Selain itu peneliti menemukan kesalahan yang terdapat dalam karangan siswa yaitu penempatan tanda baca dan penulisan huruf kapital.} }