@thesis{thesis, author={Ayu Lestari Yulinda}, title ={Hubungan Pembelajaran Tajwid Dengan Metode Tilawati Di Mts Nurul Qur’an Kalisat-Jember}, year={2021}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/8844/}, abstract={ABTRAK Lestari, Yulinda Ayu 2020. Hubungan Pembelajaran Tajwid Dengan Metode Tilawati di MTs Nurul Qur?an Kalisat-Jember. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Jember : (1) Dr. SitiNursyamsiyah, S S., M.Pd. (2) Abdul Hamid Bakir, M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran Tajwid, Metode Tilawati. Ilmu tajwid adalah sebuah ilmu yang menguraikan dan mempelajari cara membaca Al-Qur?an dengan baik danbenar.Pembelajaran tajwid sangat penting, sebagai ilmu dasar untuk membaca Al-Qur?an. Metode tilawati merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan klasikal dan baca simak secara seimbang, dengan pengertian klasikal dan baca simak diatur waktu dan cara penerapannya disesuaikan kondisi kelas meliputi ruangan, jumlah siswa dan kemampuan siswa dalam satu kelas. sehingga dalam pembelajaran peserta didik dapat tuntas dalam membaca Al-Qur?an. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan pembelajaran tajwid dengan metode tilawati di MTs Nurul Qur?an Kalisat-Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa ada hubungan pembelajaran tajwid dengan metode tilawatidi MTs Nurul Qur?an Kalisat-Jember. Hipotesis dalam penelitian ini (1) diduga ada keterkaitan/hubungan antara pembelajaran tajwid dan metode tilawati (2) diduga tidak ada keterkaitan/hubungan anatara pembelajaran tajwid dan metode tilawati. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan Kuantitatif. Dengan jumlah responden 40 siswa yakni siswa kelas VII dan siswa kelas VIII MTs Nurul Qur?an kalisat-jember. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Qur?an kalisat-jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan adalah regesi linier sederhana. Diketahui hasil hubungan pembelajaran tajwid dengan metode tilawati0,440 atau 44 % dengan tingkat korelasi cukup sesuai dengan table interpretasi koefisien korelasi (interval koefisien dan tingka thubungan) antara 0,40 ? 0,699. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa ada hubungan pembelajaran tajwid dengan metode tilawati.} }